APA
ITU INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER ?
Interaksi
manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI)
adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan,
evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu
ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan
komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan
oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan.
Sistem harus sesuai dengan kebutuhan
manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer
Ada tiga
sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi dengan komputer:
2. Faktor manusia berkaitan dengan masalah- masalah psikologis.
3. Interaksi manusia dan komputer mengkaji bagaimana hubungan-hubungan yang
terjadi antar ilmu komputer desain terkait dengan manusia dengan komputer.
bagi para
perancangnya alat fisik interaksi antarmuka komputer sering diuji, sehingga
memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa
aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
2. Metode
implementasi antarmuka.
3. Metode
evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4. Pengembangan
antarmuka baru.
5. Mengembangkan
sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru.
Pada sejarah Interaksi manusia komputer kita
diharapkan akan mengetahui orang penting dan peristiwa pada imk, perubahan
paradigma, memahami kita tahu datang dari mana dan akan menolong kita akan
pergi kemana dan dapat menghargai sebuah sejarah. IMK itu sendiri adalah ilmu
yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai
karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan. dengan menjalankan sebuah
sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Pada sejarah IMK ini mengalami rangkaian perubahan
evolusi. Sejarah perkembangan antarmuka sebagai berikut :
Tahun 50 an – Antarmuka pada level hardware untuk
teknik (ex. switch panel)
Tahun 60-70an – Antarmuka pada level pemrograman (ex. COBOL, FORTRAN)
Tahun 70-90an – Antarmuka pada level instruksi
Tahun 80an – Antarmuka pada level dialog interaksi (ex. GUI, Multimedia)
Tahun 90an – Antarmuka pada level lingkungan kerja (ex. Sistem Network, Groupware)
Tahun 00an – Antarmuka berkembang dengan luas (ex. mobile device, interactive
Screen)
APLIKASI
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER SEJAUH INI ?
1. Media tekstual, merupakan bentuk sederhana dialog atau komunikasi antar manusia dan
komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik. Contoh: Pascal, C++, dll
2. Media GUI (Graphical User Interface), adalah bentuk dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat
atraktif. Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dll.)
Untuk
membuat media interaksi manusia dan komputer yang lebih baik maka harus
mempelajari dan memahami bidang ilmu lain:
1. Teknik Elektronika dan ilmu komputer, berhubungan dengan perangkat keras
untuk merancang sistem interaksi manusia dan komputer.
2. Psikologi, memahami
bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya agar dapat
menjodohkan mesin dengan manusia sehingga dapat bekerjasama.
3. Perancangan grafis dan tipografi, memanfaatkan gambar sebagai sarana dialog yang cukup
efektif antara manusia dan komputer.
4. Ergonomik,
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman
ketika berinteraksi dengan komputer.
5. Antropologi,
pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya
diharapkan memberikan kontribusi teknologi pengetahuan sesuai dengan bidangnya
masing-masing.
6. Linguistik, bahasa
merupakan sarana komunikasi yang mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi
dengan komputer
7. Sosiologi, berkaitan
dengan studi tentang pengaruh sistem manusia dengan komputer dalam struktur
social. Misal: dampak komputerisasi terhadap keberadaan seorang user di sebuah
perusahaan.
No comments:
Post a Comment