EXERCISE
8.1
Lengkapi alat gambar STN pada Gambar 8.1 dan 8.3 dengan menulis
deskripsi dialog untuk teks dan cat submenu . Untuk submenu teks
berasumsi bahwa ada tiga pilihan : berpusat , kiri dan kanan
dibenarkan . Teks yang dimasukkan dengan mengklik di lokasi di
permukaan gambar dan kemudian mengetik . Anda awalnya dapat
mengasumsikan bahwa mengetik baris teks dapat dianggap sebagai
tindakan pengguna tunggal . Tetapi kemudian mencoba mengenai
masing-masing karakter yang diketik sebagai tindakan. Cat submenu
memiliki dua pilihan : pensil untuk menggambar freehand dan panci cat
untuk mengisi banjir . Yang pertama dilakukan dengan menahan tombol
mouse ke bawah sementara menggerakkan mouse akan menarik garis . Cat
pot diaktifkan hanya dengan mengklik mouse ke area yang dia mengisi
.
jawaban
Stns ini untuk menu utama dan subsistem grafis dalam teks . Kita hanya perlu melakukan submenu teks dan submenu cat . Untuk setiap struktur keseluruhan mirip dengan submenu grafis , yaitu pengguna memilih pilihan, ' cabang ' STN dan kemudian ada deskripsi dialog masing-masing pilihan itu
jawaban
Stns ini untuk menu utama dan subsistem grafis dalam teks . Kita hanya perlu melakukan submenu teks dan submenu cat . Untuk setiap struktur keseluruhan mirip dengan submenu grafis , yaitu pengguna memilih pilihan, ' cabang ' STN dan kemudian ada deskripsi dialog masing-masing pilihan itu
Untuk
mempertimbangkan setiap
surat yang
diketik, kita
cukup menambahkan loop
diakhiri oleh
pengguna mengetik
tombol enter
Akhirnya, kita lakukan cat submenu
Perhatikan bahwa
tindakan mendasar
untuk gambar
pensil yang
menekan dan melepaskan
tombol mouse,
daripada mengklik.
Ingat perilaku
yang lebih kompleks
menonton ketika
kita dianggap
tekan tombol dan
release secara
terpisah. Hal ini
juga layak berpikir
tentang perilaku
yang diharapkan dari paket
pada pilihan
lain saat mouse
ditekan.
Misalnya, ketika
menggambar garis,
yang posisinya
terdaftar, satu
ketika tombol
turun, atau
satu ketika
dilepaskan? Mencobanya
pada paket
gambar yang
berbeda. Ada
masalah yang sama dengan
pilihan menu dan
tombol layar.
Skenario yang
dijelaskan dalam Bagian 9.4.5
adalah contoh di
mana yang penting
adalah lokasi
di mana tombol
mouse dilepaskan.
Lihatlah GUI
yang berbeda dan sifat
interaksi rinci.
Anda mungkin akan
terkejut dengan perbedaan!
8.2
Ulangi latihan
di atas menggunakan
notasi yang berbeda,
tata bahasa,
aturan produksi,
JSD atau
CSP. Anda
akan perlu
menentukan seluruh
sistem dari menu
utama dengan
pilihan submenu
individu seperti
menggambar lingkaran.
Perhatikan
masalah yang Anda
miliki dengan
setiap notasi.
jawaban
Di bawah ini adalah deskripsi parsial di BNF dan aturan produksi. Sebagai latihan kelas, notasi yang berbeda dapat dialokasikan untuk berbagai kelompok mahasiswa dan jawaban dibandingkan. Deskripsi BNF The BNF deskripsi cukup mudah (jika sedikit membosankan). Kami memberikan deskripsi untuk menu utama, bagian dari submenu grafis dan teks submenu. Gambar garis yang sudah dijelaskan dalam Bagian 6.8.1 seperti definisi posisi-mouse.
Di bawah ini adalah deskripsi parsial di BNF dan aturan produksi. Sebagai latihan kelas, notasi yang berbeda dapat dialokasikan untuk berbagai kelompok mahasiswa dan jawaban dibandingkan. Deskripsi BNF The BNF deskripsi cukup mudah (jika sedikit membosankan). Kami memberikan deskripsi untuk menu utama, bagian dari submenu grafis dan teks submenu. Gambar garis yang sudah dijelaskan dalam Bagian 6.8.1 seperti definisi posisi-mouse.
Perhatikan gaya yang
berbeda mungkin. Dalam submenu grafis , pemilihan opsi dan pilihan
aksi masing-masing dikemas menjadi subdialog bernama ( menarik -line
dan menggambar lingkaran ) . Namun, dalam submenu teks deskripsi
tingkat atas dari masing-masing pilihan disertakan dalam definisi
teks - submenu . Dengan semua notasi , ada tingkat yang sama luas
pilihan gaya . Sesuai nama subdialogs dapat membuat seluruh dialog
jauh lebih mudah untuk dibaca , namun , di sisi lain , terlalu banyak
tingkatan abstraksi dapat membingungkan .
Juga perhatikan bahwa deskripsi BNF tidak membedakan antara memilih pilihan menu atau memilih titik pada permukaan gambar . Keduanya digambarkan sebagai posisi - tikus diikuti oleh KLIK - MOUSE . Pada tingkat gerakan pengguna dan penekanan tombol , ini sangat akurat , tetapi kehilangan perbedaan jelas dirasakan . Ini mungkin saat yang tepat untuk melihat notasi UAN [ 107 ] , yang tidak membedakan ini .Aturan produksi
Sebagai alat gambar sebagian besar berurutan , kita akan mengharapkan untuk menemukan deskripsi aturan produksi agak rumit . Masalah utama adalah melacak seberapa dalam Anda berada di tumpukan menu, submenu dan pilihan . Watch out untuk solusi di mana opsi - tingkat yang lebih tinggi masih aktif , ketika dialog - tingkat yang lebih rendah beroperasi . Misalnya, deskripsi tingkat atas mungkin membaca:
Juga perhatikan bahwa deskripsi BNF tidak membedakan antara memilih pilihan menu atau memilih titik pada permukaan gambar . Keduanya digambarkan sebagai posisi - tikus diikuti oleh KLIK - MOUSE . Pada tingkat gerakan pengguna dan penekanan tombol , ini sangat akurat , tetapi kehilangan perbedaan jelas dirasakan . Ini mungkin saat yang tepat untuk melihat notasi UAN [ 107 ] , yang tidak membedakan ini .Aturan produksi
Sebagai alat gambar sebagian besar berurutan , kita akan mengharapkan untuk menemukan deskripsi aturan produksi agak rumit . Masalah utama adalah melacak seberapa dalam Anda berada di tumpukan menu, submenu dan pilihan . Watch out untuk solusi di mana opsi - tingkat yang lebih tinggi masih aktif , ketika dialog - tingkat yang lebih rendah beroperasi . Misalnya, deskripsi tingkat atas mungkin membaca:
Ini bisa
menunjukkan perilaku
yang aneh.
Bayangkan bahwa
pengguna di
tengah-tengah menggambar
garis (menggunakan
deskripsi pertama
dalam Bagian
6.8.1). Kemudian
setelah memilih
titik pertama (di
mana titik sistem
acara
'istirahat-line'
aktif), pengguna
akan kembali ke
menu tingkat
atas dan memilih
'teks'. Pada
titik ini menu
pop-up
teks akan muncul,
dan pengguna
dapat mulai
memasukkan penjelasan
teks pada area
gambar.
Pengguna memilih
meninggalkan
dibenarkan dan
pergi ke
permukaan gambar
dan klik
pada suatu titik.
Namun, pada
saat ini ada dua
aturan yang dapat
api.
Padahal
hal ini tentunya
yang pertama ini
yang mengharapkan
pengguna, yang
kedua ini
dimungkinkan karena 'sisa-line}'
event masih
aktif. Juga
melihat kembali ke
definisi dalam
Bagian 8.4.2,
kita melihat bahwa
karet banding
masih akan
berada di selama
proses seleksi menu
teks keseluruhan.
Ada berbagai perbaikan untuk ini. Salah satu cara adalah dengan menggunakan 'membersihkan' aturan seperti yang digunakan dalam CCT dalam Bagian 6.7.2. Sebagai contoh, kita akan mengubah deskripsi tingkat atas sehingga tidak selalu aktif.
Ada berbagai perbaikan untuk ini. Salah satu cara adalah dengan menggunakan 'membersihkan' aturan seperti yang digunakan dalam CCT dalam Bagian 6.7.2. Sebagai contoh, kita akan mengubah deskripsi tingkat atas sehingga tidak selalu aktif.
Pilihan
submenu kemudian
diubah untuk
memperbarui acara
kegiatan tersebut
(tindakan
semantik telah
dihilangkan untuk
kejelasan): Sekarang
ini memastikan
bahwa pengguna selesai
dialog tingkat
rendah sebelum
memilih pilihan
baru pada tingkat
atas.
8.3
Mengembangkan
diagram JSD
pada Gambar 8.14,
memperluas
berbagai node
sampai Anda mendapatkan
operasi dasar
seperti 'prompt
"login"' atau
'jenis pengguna
dalam password'.
Memperluas
'karyawan delete'
simpul
menggunakan gaya
dialog seperti
yang dijelaskan pada
Gambar 8.13,
dan gunakan
imajinasi Anda
untuk sisanya.
jawaban
Ini adalah latihan yang cukup sederhana, dan beberapa node diperluas di sini. Dalam Gambar Ex8.3.1, yang subdialog login diperluas, tetapi mengasumsikan bahwa jenis pengguna password yang benar selama proses login. Untuk mengubahnya untuk mengakomodasi password yang salah akan inordinately kompleks karena dua alasan. Pertama, diagram JSD tidak membedakan antara pengguna pilihan (apakah akan menambah atau menghapus catatan) dan pilihan sistem.
jawaban
Ini adalah latihan yang cukup sederhana, dan beberapa node diperluas di sini. Dalam Gambar Ex8.3.1, yang subdialog login diperluas, tetapi mengasumsikan bahwa jenis pengguna password yang benar selama proses login. Untuk mengubahnya untuk mengakomodasi password yang salah akan inordinately kompleks karena dua alasan. Pertama, diagram JSD tidak membedakan antara pengguna pilihan (apakah akan menambah atau menghapus catatan) dan pilihan sistem.
Hal ini terbukti
baik dalam
perubahan dan
menghapus
subdialogs.
Dalam
masing-masing
memperbarui
sebenarnya file
tersebut dimasukkan
ke dalam kotak
'opsional'
sebagai pengguna
mungkin telah
menjawab 'N'
(tidak ada) ketika diminta untuk
mengkonfirmasi pembaruan.
Kedua, membuat
dialog tergantung
pada password
akan berarti bahwa
seluruh dialog
akan duduk
di bawah sebuah
'pilihan' kotak
dengan kotak
yang lain untuk
membatalkan. Hal
ini dapat
diterima di
delete dan
perubahan subdialogs,
tetapi jika ini
diterapkan ke
urutan login,
dialog yang
dihasilkan akan
menjadi merosot
dan
menyembunyikan
struktur hirarkis
normal. Ini
masalah apakah
atau tidak untuk
memasukkan kasus
luar biasa dan
perilaku kesalahan
sangat kompleks.
Pada tahap awal
desain itu adalah
kasus normal
yang satu ingin
untuk mempertimbangkan.
Kemudian orang
mungkin memperbaiki
deskripsi dialog,
atau alternatif
membubuhi keterangan
deskripsi normal.
8.4
Dalam contoh jam digital ( Desain Focus , P311 ) , apa yang akan
menjadi negara yang berbahaya ? Kaitkan isu leksikal tombol untuk jam
digital ke negara-negara ini berbahaya dan memberikan beberapa saran
desain . Apakah jam digital Anda sendiri memenuhi kriteria ini
?
jawaban
Waktu dan mode pengaturan alarm adalah negara yang berbahaya , karena kita tidak ingin mengubah baik sengaja . Saran desain akan mencakup beberapa jenis penjaga yang membuatnya sulit untuk mendapatkan sengaja ke mode pengaturan waktu , atau sebaliknya, sekali dalam mode , untuk membuat tombol yang memajukan waktu yang sulit untuk tekan .
Jam tangan dalam Desain Focus penjaga negara ini dengan mengharuskan tombol ' A' harus ditekan selama dua detik sebelum perubahan modus . Mungkin mudah untuk menekan tombol menonton sengaja , tetapi sangat sulit untuk terus ke bawah . Solusi ini tidak akan tentu saja bekerja untuk keyboard , di mana sangat mudah untuk terus tombol bawah sengaja . Jam tangan lain menjaga mode ini dengan insetting tombol perubahan modus atau tombol yang diperlukan untuk benar-benar mengubah waktu . Kita harus menekan tombol ini dengan alat yang tajam , seperti pensil - tidak slip mudah untuk membuat . Beberapa jam digital menjaga modus dengan membuat Anda tahan tombol ke bawah terus menerus saat Anda mengubah waktu . Menjaga mode jauh lebih baik untuk menjaga tombol perubahan , sebagai yang terakhir membuatnya sangat sulit untuk mengubah waktu ketika Anda ingin melakukannya .
Bahkan , mengubah waktu sering menjadi masalah bagi berbaliknya watch dan jam dialog . Biasanya ada tombol untuk memajukan waktu satu jam atau satu menit , tapi tidak satu untuk menempatkan waktu kembali . Jadi , jika Anda menekan tombol menit muka terlalu sering , Anda harus menekan itu 59 kali lebih untuk membalikkan kesalahan !
jawaban
Waktu dan mode pengaturan alarm adalah negara yang berbahaya , karena kita tidak ingin mengubah baik sengaja . Saran desain akan mencakup beberapa jenis penjaga yang membuatnya sulit untuk mendapatkan sengaja ke mode pengaturan waktu , atau sebaliknya, sekali dalam mode , untuk membuat tombol yang memajukan waktu yang sulit untuk tekan .
Jam tangan dalam Desain Focus penjaga negara ini dengan mengharuskan tombol ' A' harus ditekan selama dua detik sebelum perubahan modus . Mungkin mudah untuk menekan tombol menonton sengaja , tetapi sangat sulit untuk terus ke bawah . Solusi ini tidak akan tentu saja bekerja untuk keyboard , di mana sangat mudah untuk terus tombol bawah sengaja . Jam tangan lain menjaga mode ini dengan insetting tombol perubahan modus atau tombol yang diperlukan untuk benar-benar mengubah waktu . Kita harus menekan tombol ini dengan alat yang tajam , seperti pensil - tidak slip mudah untuk membuat . Beberapa jam digital menjaga modus dengan membuat Anda tahan tombol ke bawah terus menerus saat Anda mengubah waktu . Menjaga mode jauh lebih baik untuk menjaga tombol perubahan , sebagai yang terakhir membuatnya sangat sulit untuk mengubah waktu ketika Anda ingin melakukannya .
Bahkan , mengubah waktu sering menjadi masalah bagi berbaliknya watch dan jam dialog . Biasanya ada tombol untuk memajukan waktu satu jam atau satu menit , tapi tidak satu untuk menempatkan waktu kembali . Jadi , jika Anda menekan tombol menit muka terlalu sering , Anda harus menekan itu 59 kali lebih untuk membalikkan kesalahan !
No comments:
Post a Comment